Senin, 02 Mei 2011

Bin Laden ditemukan di kompleks mewah di Pakistan

Pasukan AS akhirnya menemukan pemimpin al Qaida Osama bin Laden, namun tidak dalam gua di pegunungan di perbatasan Afghanistan, tetapi dengan istrinya termuda dalam sebuah resor musim panas yang bernilai jutaan dolar yang terletak lebih dari satu jam perjalanan dari ibukota Pakistan, kata para pejabat AS.

Sebuah tim kecil AS melakukan serangan cepat di malam hari  menggunakan helikopter awal pada hari Senin. Setelah 40 menit terjadi tembak menembak, bin Laden dan anaknya yang dewasa, seorang wanita tak dikenal dan dua orang  mati tertembak, kata para pejabat.
pasukan AS menyerang gedung berlantai tiga berbentuk benteng, setelah lebih dari empat tahun dilakukan pelacakan melalui salah satu kurir bin Laden paling terpercaya, para pejabat AS mengatakan telah mengidentifikasikan seorang laki-laki yang ditangkap setelah serangan 11 September 2001.

"Para tahanan juga berhasil mengidentifikasi pria ini sebagai salah satu dari beberapa kurir
Al Qaeda paling dipercaya oleh bin Laden Mereka hidup dengan bin laden atau dilindungi oleh bin Laden," kata seorang pejabat senior pemerintah dalam rapat bagi wartawan.

Bin Laden akhirnya ditemukan setelah diburu lebih dari 9 tahun mulai dari tahun 2001 setelah serangan yang menewaskan lebih dari 3000 orang dengan pengeboman WTC di Amerika Serikat akhirnya pihak berwenang menemukan kurir kepercayaan bin laden pada bulan Agustus 2010 tinggal bersama saudaranya dan keluarga mereka di sebuah gedung yang sangat mewah dan keamanan yang tinggi kata para pejabat.

Mereka mengatakan bahwa kurir dan saudaranya di antara mereka yang tewas dalam serangan itu.

"Ketika kami melihat kompleks tempat tinggal bin laden, kami terkejut dengan apa yang kita lihat: sebuah tempat yang sangat mewah" kata seorang pejabat senior pemerintah mengatakan.

"Intinya data dan analisis kami adalah bahwa kita memiliki keyakinan sangat tinggi bahwa tempat tersebut mempunyai nilai-tinggi target teroris. Para ahli yang bekerja masalah ini selama bertahun-tahun dinilai bahwa ada kemungkinan kuat bahwa teroris yang bersembunyi di sana adalah Osama bin Laden, "kata seorang pejabat administrasi.
 
Rumah tempat tinggal bin laden adalah di Abbottabad, sebuah kota sekitar 35 kilometer utara Islamabad, yang relatif makmur dan rumah bagi banyak anggota pensiunan militer Pakistan.

Ini adalah jauh dari gagasan populer bin Laden bersembunyi di beberapa gua di pegunungan di perbatasan Pakistan-Afghanistan kasar dan tidak dapat diakses seperti yang di gambarkan oleh pejabat dan termasuk mantan Presiden George W. Bush.

tempat tinggal bin laden memiliki besar sekitar delapan kali ukuran rumah terdekat lainnya, berdiri di sebidang tanah luas yang relatif terpencil dan dibangun pada tahun 2005. Ketika dibangun, itu di pinggiran pusat Abbottabad's, di ujung jalan tanah, tetapi beberapa rumah lain telah dibangun di dekatnya dalam enam tahun sejak bangunan itu dibangun, kata para pejabat.
 

Tembok dengan kawat berduri diatasnya
 

Radius keamanan termasuk 12 - 18 kaki dari dinding luar dengan kawat berduri diatasnya dan dinding internal yang terpisah dari bagian dari komplek dalam rumah tersebut, kata para pejabat. Dua pintu keamanan Pembatasan, dan  membakar sampah mereka, daripada meninggalkannya seperti yang dilakukan tetangga mereka, kata para pejabat.

Beberapa jendela rumah tiga lantai menghadapi luar kompleks, dan teras memiliki dinding setinggi 2,1 meter kata para pejabat.

"Hal ini juga dicatat bahwa properti ini bernilai sekitar $ 1 juta, namun tidak memiliki layanan telepon atau Internet terhubung," kata seorang pejabat administrasi. "tidak dijelaskan sumber kekayaan."

analis AS menyadari bahwa ada 3 keluarga tinggal di sana di samping dua bersaudara, dan usia dan penampilan dari keluarga ketiga cocok orang-orang dari kerabat - termasuk istri termuda - mereka percaya hidup dengan bin Laden.

"Segala sesuatu yang kita lihat, keamanan operasional yang sangat rumit, latar belakang saudara dan perilaku mereka dan lokasi dari rumah itu sendiri merupakan hal yang sempurna dan secara konsisten dengan apa yang diharapkan para ahli kita bahwa bin Laden bersembunyi di tempat itu " kata seorang pejabat pemerintahan Obama.

Abbottabad adalah sebuah resor musim panas yang populer, yang terletak di sebuah lembah yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dekat Kashmir Pakistan. Islam militan, khususnya mereka yang berperang di Kashmir India yang dikuasai, digunakan untuk memiliki kamp pelatihan di dekat kota.Reuters.com

Tidak ada komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification